Senin, 06 Mei 2013

ergonomis dalam penggunaan laptop itu penting !


untuk mahasiswa laptop dapat dikatakan sebagai nyawa kedua. di situlah kita mengerjakan semua tugas kuliah yang tiada henti. tetapi dalam penggunaaannya, banyak orang yang kurang memerhatikan keergonomisan dalam penggunaan laptop. sebelumnya, kita harus mengetahui apa maksud dari kata ergonomis. 

The International Ergonomics Association mendefinisikan ergonomi (atau faktor manusia) adalah disiplin ilmu yang bersangkutan dengan pemahaman manusia dan interaksi di antara unsur-unsur lain dari sistem dan profesi yang berlaku teori, prinsip, data dan metode untuk mendesain agar dapat mengoptimalkan kesejahteraan manusia dan sistem secara keseluruhan kinerja.

menurut Sutalaksana (1979) ergonomi adalah suatu cabang ilmu yang sistematis untuk memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat, kemampuan dan keterbatas manusia untuk merancang suatu sistem kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja pada sistem itu   dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu efektif, nyaman dan aman.

mungkin ada teman-teman yang sering merasakan Carpal Thunnel Syndrome, pegal pada daerah sekitar leher, pegal pada daerah tulang belakang. hal ini karena penggunaan laptop ataupun komputer yang tidak sesuai dengan keadaan tubuh manusia. berikut ini ada tips-tips bagaimana menggunakan laptop secara ergonomis.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar